Beranda Headline Rutan Menggala Berkomitmen Mendukung Pemerintah Melawan Covid-19

Rutan Menggala Berkomitmen Mendukung Pemerintah Melawan Covid-19

Rutan Menggala berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam melawan Covid-19 yang sejalan dengan Instruksi dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di dalam UPT Lapas maupun Rutan salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin dan berkala .

Disinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik atau obat untuk membasmi kuman penyakit. Pengertian lain dari disinfektan adalah senyawa kimia yang bersifat toksik dan memiliki kemampuan membunuh mikroorganisme yang terpapar secara langsung oleh disinfektan.

Penyemprotan disinfektan dilakukan di seluruh area lingkungan Rutan Menggala, dari P2U, poliklinik, Area Gedung Staff, kantin, hingga seluruh fasilitas, baik sarana dan prasarana yang ada pada kamar dan Blok Hunian WBP Jumat, (06/08)

“Kami harap petugas dan WBP tetap mengutamakan protokol kesehatan, menjaga kesehatan dengan rutin berjemur di pagi hari melakukan senam rutin, serta pola hidup sehat dan bersih dengan makanan dan istirahat juga menjaga kebersihan badan, pakaian maupun kamar hunian” tutur Gowim Mahali Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Menggala.

Penyemprotan dilakukan dengan detail, hati-hati, dan tertib menggunakan potokol yang telah ditentukan. Seluruh blok hunian dan area lainnya di Rutan dibuat steril dan WBP diperbolehkan masuk kembali setelah satu jam berikutnya.

Selain itu, pihak Rutan juga rutin melakukan pengecekan kesehatan kepada seluruh pegawai yang akan bertugas. Jika ada indikasi yang mengarah ke Covid-19, maka akan segera dilakukan test rapid yang dilakukan oleh dokter yang bertugas di Rutan Menggala.

Disamping melakukan penyemprotan disinfektan secara intens, Rutan Klas II B Menggala juga sudah membangun tempat cuci tangan di setiap titik yang ada di Rutan dan titik di Blok Hunian WBP, Ada pula pemasangan box sterilisasi untuk seluruh petugas ataupun pengunjung yang di tempatkan di depan area Portir.

Selain itu Pihak Rutan juga melakukan pemberian masker massal kepada seluruh warga binaan, pemberian vitamin kepada petugas dan warga binaan untuk menjaga daya tahan tubuh maupun dalan proses penyembuhan dari sakit yang dialami, serta pengecekan kesehatan secara berkala. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here