Beranda Tulang Bawang TUBA Sukses Ikuti PEDA – KTNA ke XVI Tingkat Provinsi Lampung Tahun...

TUBA Sukses Ikuti PEDA – KTNA ke XVI Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019″

TUBA Sukses Ikuti PEDA - KTNA ke XVI Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019Foto Bersama Dengan Para Peserta PEDA – KTNA ke XVI Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019

BAROMETERKINI.COM Tulang Bawang – Kabupaten Tulang Bawang sukses mengikuti Pekan Daerah – Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA – KTNA) ke XVI Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019, yang pelaksanaannya dipusatkan di Lapangan Cipta Karya, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.

Pada kesempatan itu, kegiatan secara resmi dibuka oleh Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi yang diwakili Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Provinsi Lampung Ir. Taufik Hidayat, MM.

Diketahui bahwa Pemerintah Provinsi Lampung mengucurkan bantuan untuk program pertanian dan perikanan di 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung sebesar Rp.84.035.913.000.

Khusus untuk diwilayah Kabupaten Tulang Bawang mendapat anggaran sebanyak Rp.9.302.762.000, Yang peruntukannya untuk program pengolahan dan pemasaran hasil pertanian, yaitu berupa 1 unit Sentra Pelayanan Pertanian Terpadu dan juga guna untuk program prasarana dan sarana pertanian, berupa 300 Ha program cetak sawah dan 13 unit traktor roda 2 serta 5 unit pompa air.

Selain itu, anggaran tersebut pula diperuntukkan guna bantuan fasilitas alat Gapoktan, bantuan kegiatan rumah pangan lestari, bantuan benih ikan mas beserta pakan untuk 84.000 ekor dan bantuan benih ikan lele beserta pakan untuk 120.000 ekor.

Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti SE., MH, menyampaikan bahwa diharapkan dengan adanya bantuan dari Pemerintah Provinsi Lampung ke Kabupaten Tulangbawang, dapat mampu mensejahterakan para petani dan nelayan di Kabupaten berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur.

“Semoga bantuan itu dapat bermanfaat bagi petani dan nelayan di Kabupaten Tulang Bawang, sehingga dapat meningkatkan tarap hidup dan perekonomian masyarakat Kabupaten Tulang Bawang yang menggantungkan hidup dengan bertani dan nelayan,” harap Bupati, Selasa (16/07/19).

“Diharapkan pula, melalui PEDA – KTNA Tahun 2019, mampu menjadi motivasi pendorong kemajuan masyarakat petani dan nelayan dalam kemandirian dan kewirausahaan tani dan nelayan di Kabupaten Tulang Bawang,” pesan Bupati.

Adapun sebelumnya, Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti SE., MH, melalui Sekdakab Ir. Anthoni MM, menyampaikan dukungan penuh kepada para peserta yang mengikuti perlombaan PEDA – KTNA ke XVI Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019, yang dilaksanakan di Kabupaten Lampung Selatan.

Hal ini, mengingat Kabupaten Tulangbawang memiliki potensi perairan dan pertanian yang melimpah, sehingga sumber daya ini harus mampu dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Maka dengan adanya PEDA – KTNA, diharapkan Sumber Daya Manusia (SDM) petani dan nelayan di Kabupaten Tulangbawang dapat menjadi kian berkualitas, diantaranya dengan membangun skala usaha yang memiliki potensi strategis, sehingga dapat memberikan sumbangsih bagi kesejahteraan masyarakat.

Kabupaten Tulangbawang pada PEDA – KTNA 2019, mengirimkan sebanyak 25 orang peserta utama, pendamping 5 orang dan panitia 4 orang, dengan mengikuti lomba Stand Pameran, lomba Asah Terampil, lomba Temu Karya, lomba Peragaan dan Unjuk Tangkas, lomba Karya Seni dan lomba Olahraga Tradisional, yang pelaksanaannya sejak 14 Juli hingga 18 Juli 2019. (red/kominfotuba)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here