Ketua Gapoktan Sungai Nibung Tidak Transparan Perihal Bantuan Pemerintah

BAROMETERKINI.COM Tulang Bawang- Ketua Gapoktan Kampung Sungai Nibung, Kecamatan Dente teladas, Kabupaten Tulang Bawang Lampung, berinisial (S) diduga melakukan Penyimpangan dan tidak transparan perihal bantuan dari pemerintah Daerah maupun Pusat terhadap Kelompoknya.

Dari pantauan Awak Media dilapangan pada hari rabu (30/10/2019) menerima bermacam informasi baik dari kelompok tani maupun masyarakat Kampung Sungai Nibung pada umumnya seperti bantuan bibit, pupuk, alsintan, hand traktor, Kombet dana PUAB , dan lain-lain.

Masyarakat yang tergabung dalam Gapoktan Sungai Nibung yang diketuai oleh inisial (S) tidak pernah memberi penjelasan kepada kelompok Tani dengan adanya bantuan dari pemerintah tersebut.

Salah satu kelompok tani mengungkapkan kepada Awak media saat disambangi di kediamannya bahwa dirinya yang diangkat menjadi Bendahara tapi tidak pernah difungsikan oleh Ketua Gapoktan Sungai Nibung tersebut dan parahnya dirinya harus menyewa kombet dari luar untuk memanen padinya karena tidak tahu kalau Di Gapoktan Sungai Nibung adanya kombet.

“saya mau ikutan kerja di proyek galian cacing yang lagi dimulai pengerjaan saat ini, namun oleh ketua Gapoktan tidak boleh, tetapi justru suaminya yang mengawasi nya, kami sangat kecewa dengan kinerja Ketua Gapoktan Sungai Nibung tidak ada transparan terhadap kelompok dan sudah hampir 3 tahun menjabat sebagai bendahara tapi tidak difungsikan” Ungkap ketua kelompok Tani.

Baca Juga :   "Anas - Winarti Tandatangani MoU E-goverment Smart City dan Kampung"

“Kami heran selama menjabat tahun 2017 lalu sampai saat ini beliau sudah memiliki mobil, rumah mewah, gedung sarang burung walet, juga sudah membeli beberapa bidang tanah, dengan waktu yang cukup singkat kemajuannya sangat pesat, dari mana sumber dana tersebut, kami menduga ketua gapoktan Sungai Nibung menyunat dana -dana gapoktan” tutur beberapa warga yang enggan disebut namanya.

Dan ditambahkan oleh mereka bahwa bantuan berupa apapun bentuknya mereka tidak tahu menahu, justru mereka tahu dari rekan-rekan media yang berkunjung ke kediaman mereka.

Pantauan di lapangan bahwa terindikasi struktur kepengurusan Gapoktan Sungai Nibung dijabat oleh keluarga besar ketua Gapoktan seperti sekretaris dan bendahara.

Saat awak media menyambangi kediaman Ketua Gapoktan Sungai Nibung (S) yang terletak di Dusun 01 RT 01 selalu tidak ada dirumah dan saat dihubungi via telpon aktif tapi tidak mau mengangkat seperti nya menghindari dari kedatangan Awak media.

Rumah ketua Gapoktan yang seperti istana itu selalu tertutup, masyarakat berharap kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang dapat turun ke lapangan agar bisa mendengarkan langsung keluhannya dari para kelompok tani, diduga Ketua Gapoktan Sungai Nibung memperkaya diri sendiri karena berdasarkan pantauan Awak media seperti bantuan Kombet dan lain-lain tersimpan didalam gudang.

Baca Juga :   Winarti: "25 Program BMW Adalah Program Pemkab Yang Telah Disetujui Dalam RPJMD"

Plh. Kepala Kampung Sungai Nibung Suratman, SE saat dikonfirmasi oleh awak media melalui ponselnya menjelaskan bahwa selaku aparatur Kampung Sungai Nibung pihaknya tidak mengetahui adanya bantuan dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian, karena Gapoktan mereka sifatnya independen, mengenai penggunaan dan pengelolaan bantuan dalam bentuk apapun pemerintah Kampung tidak dilibatkan.

“kami berharap kepada Gapoktan Sungai Nibung agar bisa berkoordinasi dengan Kepala Kampung” kata Suratman (MIR/Tim)