Beranda Nasional Rumah Sakit Jiwa Kupang pamer lukisan karya penderita gangguan jiwa

Rumah Sakit Jiwa Kupang pamer lukisan karya penderita gangguan jiwa

Rumah Sakit Jiwa Kupang pamer lukisan karya penderita gangguan jiwaStefanus Tahu salah satu pasien yang sembuh melalui proses terapi menggambar, sedang melukis di kawasan care free day, Sabtu (12/10/2019). ANTARA/ Benny Jahang

BAROMETERKINI.COM – Rumah Sakit Jiwa Kupang, Nusa Tenggara Timur, menggelar pameran lukisan hasil karya orang dengan gangguan jiwa (skizofrenia) yang telah sembuh melalui terapi lukis.

Pameran lukisan hasil karya orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berlangsung pada kegiatan care free day (CFD) di ruas jalan El Tari Kupang, Kota Kupang, Sabtu (12/10).

Direktur Rumah Sakit Jiwa Tipe C Kupang, dr Dikson Lego yang ditemui Antara, mengatakan, proses penyembuhan terhadap ODGJ pada RSJ Kupang dilakukan melalui proses pengobatan dan terapi.

"Pendampingan yang dilakukan keluarga akan mempercepat penyembuhan karena jika dilakukan pihak lain kurang maksimal," tegas Dikson.

Ia mengatakan, pameran lukisan para penderita dilakukan di lokasi care free day memiliki pesan agar masyarakat NTT tidak lagi mengucilkan orang dengan gangguan jiwa yang begitu banyak di NTT.

"Kami siap melakukan pengobatan dan terapi bagi mereka. Keluarga tidak perlu malu karena melalui pengobatan yang baik dan terapi bisa menyembuhkan mereka," tegas Dikson.

Belasan lukisan karya para penderita skizofrenia di pajang di lokasi care free day yang dipadati ribuan warga Kota Kupang yang mengikuti kegiatan olah raga bersama di kawasan itu.

Sumber: Kantor Berita Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here